PKB Resmi Diterima Sebagai Anggota Koalisi Partai Demokrasi Internasional

PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi diterima sebagai anggota dari koalisi partai demokrasi internasional yakni Centrist Democrat International (CDI). PKB menerima perwakilan dari komite eksekutif CDI di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat.

Ketua Umum DPP PKB HA Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa CDI merupakan organisasi dari partai seluruh dunia dengan anggota sebanyak 151 partai politik. PKB sendiri resmi diterima menjadi anggota pada November 2018.

"Bersyukur sekali partai-partai besar di berbagai negara, perdana menteri, presiden dari berbagai negara, partai-partainya adalah anggota dari CDI," kata pria yang akrab disapa Cak Imin di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Menurut Cak Imin, PKB diterima secara penuh tanpa melalui tahapan keanggotaan dasar. PKB bahkan menjadi partai politik pertama di Indonesia yang masuk sebagai anggota koalisi partai politik internasional itu.

Cak Imin mengatakan bahwa ada tiga hal yang menjadi pertimbangan CDI menerima PKB sebagai anggota adalah pertama terkait ideologi partai yang dinilai mengedepankan demokrasi moderasi, suasana moderat dan damai dan anti-radikalisme.

PKB juga disebut konsisten memperjuangkan kebhinekaan dan kebangsaan sebagai ideologi tengah yang bisa diterima semua kalangan, anti-radikal kiri maupun kanan.

"Kita bersyukur PKB sebagai Partai Islam yang berbasis Islam, berbasis keagamaan, tetapi bisa menjadi bagian dari partai demokrat dunia. Bersyukur Indonesia jumlah umat terbanyak terbesar, PKB menjadi basis partai agama terbesar di Indonesia memiliki peluang dan kesempatan berjuang lebih jauh," ujar Cak Imin.

Koordinator CDI untuk Asia Pasifik dan Amerika Latin, Cesar Rosello mengatakan, pihaknya merasa terhormat menerima PKB.

Rosello mengharapkan agar PKB bisa berkontribusi dalam organisasi ini untuk memecahkan masalah-masalah dunia. CDI berharap bisa memanfaatkan akses yang ada dalam organisasi ini untuk kepentingan rakyat Indonesia.

"Kami merasa beruntung dan terhormat menerima PKB, partai yang ada di ujung tombak dalam melawan radikalisme," tandas Rosello. (Sumber: https://pkb.id/read/9891/pkb-resmi-jadi-anggota-koalisi-partai-demokrasi-internasional/)