PKB Kota Semarang Gerakan Struktur Partai Jaga Ketahanan Pangan

Pengurus DPC PKB Kota Semarang dan para anggota Fraksi PKB DPRD Kota Semarang memberikan bantuan beras secara simbolis kepada pengurus anak cabang perwakilan beberapa kecamatan, di kantor DPC PKB Kota Semarang

Dpcpkbkotasemarang.or.id - Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kota Semarang menggerakkan struktur partai untuk menjaga ketahanan pangan bagi warga terdampak wabah Corona. 

Setelah awal puasa lalu membagikan 1.351 paket sembilan bahan pokok (sembako) yang dilakukan oleh empat anggota dewan PKB, hari ini, Minggu, (3/5/2020), pengurus partai besutan Nahdlatul Ulama ini membagikan 600 paket beras seberat 5 Kilogram. Pembagian dilaksanakan oleh pengurus Anak Cabang di tiap kecamatan. 


Ketua DPC PKB Kota Semarang Muhammad Mahsun menjelaskan kepada wartawan Barisannews, saat ini adalah masa tanggap darurat. Maka partainya memberi bantuan berupa bahan makanan siap masak, Selasa (5/5/2020)


Selanjutnya, dia mengupayakan pemberian bantuan yang bersifat jangka panjang. Yaitu pemberian bibit tanaman hortikultura dan pendampingan pertanian. Atau setidaknya pendirian lumbung pangan di tiap kelurahan atau rukun warga. 


“Usai masa tanggap darurat, kami mengupayakan memberi bantuan bersifat jangka panjang,” tutur Mahsun usai menyerahkan bantuan secara simbolis kepada beberapa pengurus anak cabang PKB dan badan otonom partai, di kantor DPC PKB Kota Semarang.


Disebutkan Mahsun, banyak yang bisa dilakukan dalam program ketahanan pangan jangka panjang. Misalnya memberi bibit ikan untuk diternak di kolam warga walau kolaknya berupa ember. Bisa pula bibit tanaman seperti cabe, tomat, terong, sawi, seledri, sayuran, atau lainnya, yang dapat ditanam di pot atau sela-sela paving di halama rumah warga atau di lahan manapun yang memungkinkan dikelola warga. 


“Sambil menunggu hasil panen dari upaya itu, kami pikirkan mendirikan semacam lumbung pangan,” tutur mantan anggota DPRD Kota Semarang ini. (Red)